Selasa, 13 November 2012

"BABALIAK KANAGARI DAN REALISASINYA"




Wilayah Nagari adalah suatu aset pemerintahan Nagari.Pemerintahan Nagari harus fokus mensiasati"BABALIAK KA NAGARI"sebagai suatu sistim Pemerintahan dan melaksanakan kehidupan anak Nagari dalam tatanan,"ADAT BASANDI SYARAK,SYARAK BASANDI KITABULLAH".
Analisis Nagari yang utama adalah Pemerintahan,bagai mana Nagari diatur dan dibangun.Nagari sebagai Republik-Republik kecil yang mempunyai unsur-unsur,Nagari adalah Suku(masyarakat/rakyat),Wilayah dan Penghulu(pemeritahan) serta Kedaulatan(adaik salingka Nagari).
Pada saat ini walaupun struktur Nagari yang sebenarnya itu sudah jarang ditemukan ,namun Pemeritahan Nagari harus berupaya untuk membangun kembali struktur Nagari ini.Pemerintahan Nagari yang diikat dalam satu PERDA tentang pemerintahan Nagari,mesti ditindaklanjuti dengan:

1.   Menbangun kembali Adat masyarakat Minangkabau,dengan cara mengeluarkan peraturan bagi tiap suku untuk melengkapi kembali perangkat-perangkatnya.
2.   Memilih wali Nagari yang memilih kekuasaan sebagai Penghulu Adat di Nagari tersebut dengan kualifikasi keilmuan,kejujuran,kesetian kepada Negara,serta keahlian dalam Pemerintahan.3.Melahirkan Peraturan Nagari,adanya kewajiban bagi para perantau untuk membantu mengembangkan kampung halaman melalui Sumbangan Bantuan,Pemikiran dan  dan lainnya,termasuk penguatan perangkat Pemerintahan nagari.

Kalau ini bisa dilaksanakan disanalah fungsi Pemerintahan Nagari akan bisa mensejahterahkan dan meningkatkan SDM masyarakatnya.
Konsep Pemerintahan Nagari harus mampu menaungi masyarakat,dari itu Adat harus benar-benar dikuasai oleh semua aparat pemerintah Nagari.adat tidak tidak semata sebagai keyaan Sains(ilmu pengetahuan)keminang kabauan.Adat harus dapat dilaksanakan dalam kehidupan dan hubungan masyarakat.
Termasuk dalam sosialisasi kebijakan Pemerintah,sesuai dengan perkembangan zaman dan pemamfaatan teknologi yang maju utk kemamfatan umat,seperti musyawarah dalam perwujudan demokrasi ,penjediaan peluang bagi semua anak Nagari sebagai perwujudan dari hak Asasi manusia.Dan kabupaten kabupaten di Sumatera Barat yang meraih kemajuan adalah yang telah menerapkan ini di dalam Pemerintahan Nagarinya.BAMUS nagari sangat punya peran penting dalam upaya Mambangkik Batang tarandam di tengah pesatnya kemajuan bidang teknologi saat ini.Karena kembali ke nagari sesungguhnya adalah menggali kembali potensi dan aset Nagari,dengan memanggil potensi yang ada dalam unsur manusia di Nagari.Kemudian observasinya di pertajam,daya pikirnya ditingkatkan,daya graknya didinamiskandaya ciptanya di perhalus dan kemauannya di bangkitkan dengamn mengembalikan kepercayaan kepada diri sendiri.
Dalam melaksanakan ini diperlukan kerja keras dan sungguh-sungguh:dalam:
1.      Meningkatkan mutuh SDM anak Nagari
2.      Memperkuat Potensi yang sudah ada melalui program utamaa:
a.       Menumbuhkan SDM Negeri yang sehat dgn gizi cukup.
b.      Meningkatkan penguasaan pengetahuan dan Ilmu teknologi(terutama terapan)
c.       Mengokohkan pemahaman Agama,sehingga anak Nagari menjadi sehat Rohani
d.      Menjaga terlaksananya dengan baik norma-norma adat,sehingga anak nagari menjadi masyarakat       beradat serta ber Aqidah Kokoh dan berAkhlaqul Karimah.
3.     Menggali potensi SDA yang ada di Nagari,yang selaras dengan perkembangan golbal yang berlaku
4.    Menperkuat ketahanan Ekonomi Rakyat.
5.     Memperindah dengan menumbuhkan percontohan2 di nagari,yang tidak hanya bercirikan ekonomi ,tetapi indikator lebih utama kepada moral Adat.
6.    Mengefisiensikan organisasi pemerintahan dengan reposisi(duduk kembali komponen masyarakat pada posisinya sebagai subjek di Nagari)dan refungsionisasi(pemeranan fungsi-fungsi elemen masyarakat).
7.     Memperkuat SDM bertujuan membentuk masyarakat beradat dan beragama sebagai suatu identitas yang tidak dapat ditolak dalam kembali kenagari.
Dan yang tak kalah pentingnya dalam penguatan Pemeritah Nagari dengan mefungsikan Tigo tungku sajarangan yang pejemannya tampak dalam Bamus Nagari.Wassalam.
" Referensi:Konfilasi ABS SBK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar